Lokasi Temuan Koin Emas Diyakini sebagai Tempat Tinggal Perdana Menteri Kerajaan Aceh

Koin emas Aceh
Foto: Serambi Indonesia

BANDA ACEH– Dirham emas yang ditemukan warga Lampaseh Kota Banda Aceh, Senin malam (11/11/2013) sampai saat ini masih ramai diperbincangkan berbagai kalangan. “Selain koin emas, warga juga menemukan 4 cincin emas dari peti tersebut,” ujar Mizuar Mahdi, Sekretaris Jenderal Masyarakat Peduli Sejarah Aceh (Mapesa) kepada Misykah.com melalui telepon selulernya.

Dia menyebutkan, pada saat menemukan peti koin emas tersebut posisi warga menghadap ke daratan sungai, artinya peti itu memang berada dekat sekali dengan tanggul yang belum digali.

Arkeolog Deddy Satria mengatakan pantas saja ditemukan banyak dirham di lokasi itu, karena menurut data yang ia peroleh, Desa Lampaseh dan sekitarnya memang sempat menjadi tempat tinggal pembesar-pembesar kerajaan Aceh Darussalam, termasuk Perdana Menteri dan Bendahara kerajaan.

Hal tersebut juga dikuatkan hasil bacaan Epigraf Aceh Taqiyuddin Muhammad pada salah satu batu nisan yang memuat kalimat “Al-Wadzir” atau “Perdana Menteri”.

Abdul Hamid, Ketua Central Information for Samudra Pasai Heritage (CISAH) mengatakan pihaknya saat ini masih fokus pada kajian sejarah Samudra Pasai. “Belum fokus pada kajian yang masuk teritori Kerajaan Aceh, jadi kita belum memiliki data secara detail,” pungkasnya. [m1a]