Komunitas Pakaian Adat Aceh Ikut Meriahkan Pedir Raya Festival

KPAA
Komunitas Pakaian Adat Aceh (KPAA) [foto: Dok KPAA]
PEMERINTAH Kabupaten Pidie akan menyelenggarakan Pedir Raya Festival (PRF) pada tanggal 13 hingga 19 September 2014 berpusat di lapangan Keuniree, kecamatan Pidie. Dalam acara tersebut akan ditampilkan beragam gebyar seni dan budaya; zikir akbar, pawai, pameran pembangunan serta ragam kebudayaan di Pidie lainnya.

Acara itu sendiri kabarnya akan dibuka oleh Wali Nanggroe, Aceh Malik Mahmud Al Haytar pada Sabtu malam sekitar pukul 20.00 WIB, akan hadir juga Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah bersama dengan Wakilnya, Muzakkir Manaf.

Seiring diadakannya Pedir Raya Festival, Komunitas Pakaian Adat Aceh (KPAA) ikut andil dalam bidang pameran. “Kami akan menampilkan koleksi pakaian adat Aceh lengkap dengan foto pakaian yang dikenakan masyarakat Aceh di masa kolonial dulu, turut juga dipamerkan foto artefak bersejarah dari beberapa lokasi yang telah diteliti dan didokumentasikan oleh lembaga Center for Informtion of Samudra Pasai heritage (CISAH) di seputaran kabupaten Pidie”. Kata Muhajir, selaku wakil ketua Komunitas Pakaian Adat Aceh, saat di hubungi misykah.com

Muhajir juga menambahkan, selain itu, kami juga sudah merampungkan sebuah video dokumenter tentang tinggalan sejarah yang akan diputarkan di stand nantinya. Dengan semua bahan yang sudah disiapkan, kami harap seluruh pengunjung yang hadir nantinya, bakal mendapatkan suatu pengetahuan baru tentang khazanah kebudayaan Pidie secara khusus dan Aceh secara umumnya.

Selain dari Komunitas Pakaian Adat Aceh, sejumlah stand pameran lainnya juga akan ditempati oleh perwakilan semua kecamatan yang ada di Pidie, beberpa organisasi masyarakat dan lembaga non-pemerintahan. Selain itu, sejumlah instansi dinas dalam Pemerintahan Kabupaten Pidie juga akan memeriahkan acara yang berlangsung selama tujuh hari tersebut. [Putra]