Masjid Mideun Tgk Chik Peusangan: Masjid Bersejarah yang Masih Kokoh

Masjid Mideun (1)
Masjid Mideun Tgk. Chik Peusangan Pulo Iboeh (Foto: Khairul Syuhada)

BERADA di Masjid Mideun Tgk. Chik Peusangan Pulo Ibouh, serasa kita kembali ke masa lampau. Masjid ini terletak di Gampoeng Lhok Bugeng, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen. Menuju ke lokasi ini butuh sekira 20 menit perjalanan dari Keude Matang Glumpang Dua arah utara.

Memasuki perkarangan masjid langsung tampak ukiran ornamen dari kayu yang terpang-pang di bagian atas teras masjid. Melangkah ke dalam masjid, kita bisa melihat 16 tiang kayu yang terukir indah. Sedangkan 12 tiang lainnya terbuat dari beton. Jarak antartiang 3,5 meter. Masing-masing tiang membentuk delapan segi, dan berdiameter 28 centimeter.

Kayu penyangga atap terukir indah pada sisi kanan-kirinya. Kolong kubah tertutup kain warna kuning. Di bagian tengah kain itu terlihat kayu selubayung yang ujungnya berukiran dan bercat hijau. Sementara bagian penyangga atap di atas mimbar masjid terukir kalimat tauhid.

Walupun masjid ini sudah direnovasi oleh pemerintah setempat, namun tidak merubah bentuk aslinya. Menurut Tgk. Sofyan Ismail (55 tahun), bileu masjid Tgk. Chik Peusangan Pulo Ibouh, diperkirakan masjid ini dibangun sekitar 300 tahun lalu. Masjid ini dibangun oleh seorang ulama dan juga pejuang yang melawan penjajah tempo dulu, dia adalah Tgk. Chik Peusangan.

Tidak banyak cerita yang diketahui Tgk. Sofyan tentang sosok Tgk. Chik Peusangan tersebut. Benda-benda peninggalan sejarah pun tidak banyak ditemui di desa itu. Hanya ada dua bangunan yang masih bisa kita saksikan sekarang di desa tersebut, yaitu masjid dan Mideun Prang (Benteng Pertahanan)

Mideun itu dibuat dari tumpukan tanah yang membentuk bukit kecil. Di areal mideun tersebut dulu ditemukan sebuah meriam yang kini diletakkan di halaman meunasah Gampoeng Pulo Ibouh, tetangga Gampong Lhok Bugeng. [safar syuhada]

Lihat foto-foto lainnya :